Cara Cari Artikel di Internet yang Berkualitas untuk Rujukan

Posted by Fajar Nasucha On Saturday, 28 September 2013 3 comments
Blablabla - Selamat datang sobat blablabla yang sangat setia, semoga anda para sobat dalam keadaan yang sehat dan tetap dalam perlindungan Tuhan YME. Dalam kesempatan kali ini penulis akan sedikit memberikan bahasan mengenai cara mencari artikel di internet yang berkualitas untuk rujukan artikel karya ilmiah andaArtikel yang berkualitas itu dimaksudkan adalah artikel yang benar benar sesuai dengan artikel yang anda cari, karena dizaman sekarang sudah sangat mudah untuk mencari artikel dengan menggunakan media internet, anda tidak usah susah susah cari rujukan artikel dari buku pengetahuan, anda cukup menggunakan media internet. Namun harus anda ketahui bahwa semua artikel yang ada di dunia internet ini belum sepenuhnya benar/dapat dibuktikan kebenarannya. Hal itu disebabkan oleh mudahnya kita untuk menulis suatu artikel yang kemudian kta masukan di internet. Betapa pentingnya kita mencari artikel yang benar di internet ini, entah itu artikel hanya untuk anda baca untuk menambah pengetahuan maupun artikel untuk rujukan anda dalam membuat artikel karya ilmiah. Dalam mencari rujukan Artikel karya ilmiah anda haruslah berhati-hati, karena dalam membuat rujukan untuk artikel karya ilmiah anda haruslah mencari rujukan yang benar benar dapat dibuktikan kebenarannya, jangan asal mengambil rujukan yang ada di internet. Banyak kesalahan dalam membuat artikel karya ilmiah yang disebabkan salahnya anda mengambil rujukan dari internet. Langsung saja penulis jabarkan mengenai cara mencari artikel di internet yang berkualitas untuk rujukan artikel karya ilmiah anda.

Pelajari isi Konten

Isi konten sangatlah penting untuk isi artikel karya ilmiah anda. Disini penulis sarankan agar anda benar benar membaca dan meneliti tentang isi konten artikel yang anda jadikan rujukan untuk artikel karya ilmiah. Jangan sampai anda mengambil rujukan dengan isi konten yang tidak sesuai dengan isi artikel karya ilmiah anda. Anda pelajari apakah artikel yang dibaca itu sesuai dengan yang anda cari untuk isi sebagian artikel ilmiah yang anda buat ataukah tidak sesuai. Jika anda mengambil rujukan yang berisi konten tidak sesuai dengan isi artikel anda maka akan membuat isi artikel karya ilmiah anda menjadi tidak jelas dan amburadul. Pembimbing karya ilmiah itu sangat jeli, apalagi untuk artikel yang menyisipkan rujukan yang diambil dari internet, karena mereka tahu bahwa sesuatu yang diambil dari internet itu belum semuanya bisa dibilang benar.

Lihatlah Penulis Artikel

Dalam artikel dengan konten konten yang terdapat diinternet itu pasti ada penulisnya. Disini disarankan agar anda melihat siapa penulis dari konten yang anda temukan diinternet, jika penulis itu seorang dosen atau guru besar salah satu universitas ternama ataupun guru/pembimbing dari salah satu sekolah yang ternama maka konten tersebut dapat dijamin kebenarannya. Namun sekarang ini jarang ditemui seorang dosen/guru besar yang mau meluangkan untuk menulis artikel di internet, mereka justru lebih tertarik untuk menulis Buku karena dapat menghasilkan uang dari pada menulis diinternet. Namun bisa hal itu dapat diubah dengan anda mencari konten yang ditulis oleh salah satu mahasiswa universitas ternama ataupun dari siswa sekolah yang ternama, karena para mahasiswa maupun siswa menulis artikel/konten yang diajarkan oleh pembimbingnya. Namun anda harus juga mencermati isi dari konten tersebut, sesuai atau tidak untuk rujukan artikel karya ilmiah anda.

Lihat Sumbernya

Dalam penulisan artikel/konten diinternet masih banyak penulis yang tidak lupa untuk menuliskan sumbernya. Dengan melihat sumber suatu konten/artikel yang ada diinternet anda dapat mengetahui kualitas isi dari konten/artikel yang ada diinternet. Namun sekarang ini lebih banyak artikel/konten yang ditulis tanpa menuliskan sumber rujukan dari artikel tersebut. Ketelitian anda memang sangat dibutuhkan dalam mencari sumber dari internet.

Lihat Komentar yang ada

Konten/artikel yang ada diinternet ini pasti menyediakan tempat untuk berkomentar, entah itu artikel/konten dari website blogspot, wordpress, maupun website lainnya. Hal ini yang sangat banyak dilupakan oleh pencari sumber rujukan diinternet. Selain anda mempelajari isi dari konten, alangkah baiknya anda juga mempelajari isi dari komentar yang ada. Dalam komentar yang ada dapat anda lihat bagaimana kualitas konten dan kualitas penulis, karena dalam komentar itu terdapat beberapa pertanyaan dari pembaca lainnya mengenai isi konten yang ada dan terdapat juga jawaban dari penulis mengenai pertanyaan pertanyaan yang pembaca lainnya. Anda harus mencermati apakah penulis dapat menjawab semua pertanyaan dari pembaca, dan anda cermati juga apakah jawaban penulis sesuai dengan isi konten yang ditulisnya. Karena blog/website yang berkualitas adalah Blog/website yang banyak pembacanya mengomentari tulisannya, entah itu berkomentar untuk bertanya maupun berkomentar untuk menyanjungnya.

Hindari Artikel Hasil Kopas

Tidak sedikit artikel yang ada di internet ini hasil dari copas (copy paste) yang dilakukan oleh penulis. Hal ini sangat harus anda hindari, karena artikel hasil kopas yang dipublikasikan itu sangat buruk kualitasnya. Artikel yang copas sangatlah dibenci oleh pihak google maupun search enginer lainnya. Anda dapat mengetahui artikel yang copas melalui ciri ciri artikel copas, berikut sedikit ciri ciri artikel kopas di internet:
  1. Tidak adanya sumber rujukan dalam artikel yang dipublikasikan
  2. Penulis artikel tidak jelas asal usulnya
  3. Isi Artikelnya sama persis dengan isi artikel yang lainnya
  4. Tata cara penulisannya amburadul/tidak sesuai dengan tata cara penulisan artikel ilmiah
  5. dan lain sebagainya.

Tata Cara Penulisan

Tata cara penulisan ini harus anda pelajari untuk mengetahui apakah artikel/konten ditulis oleh penulis ataukah penulis hanya copypaste dari artikel lainnya. Penulis yang menulis artikelnya sendiri pasti tata cara penulisannya itu rapi bahkan tata cara penulisannya itu sesuai dengan tata cara penulisan artikel karya ilmiah. Berbeda dengan penulis yang hanya copypaste artikel dari artikel lainnya. Penulis yang copypaste pasti tidak mempedulikan mengenai tata cara penulisannya, karena yang mereka pikirkan hanyalah isi konten.

Bahasa yang Dipakai

Anda dapat menilai kualitas dari artikel yang akan anda jadikan sebai rujukan dalam menulis artikel ilmiah dari bahasa yang digunakan dalam artikel/konten. Janganlah anda mengambil rujukan dari artikel yang memakai bahasa yang tidak jelas, misal memakai bahasa gaul. Itu tidaklah pantas untuk anda ambil sebagai rujukan, karena tidak sesuai dengan bahasa ilmiah.

Website Terpercaya

Inilah yang paling penting dalam Mencari Artikel di Internet yang Berkualitas untuk Rujukan karya ilmiah anda. Anda dapat mengambil rujukan melalui website website yang terpercaya, misal anda mencari rujukan untuk artikel mengenai Pengubahan UUD Negara Republik Indonesia, maka anda dapat mencarinya dari website yang dimiliki oleh badan perubah UUD dasar seperti website milik DPR. Jika anda mencari rujukan mengenai cara membuat obat blablabla, anda dapat mencarinya pada website yang dikelola oleh ahli obat seperti website milik dokter blablabla, dan lain sebagainya. Intinya anda mencari rujukan dari ahlinya.

Pengunjung Website

Jangan sampai anda tergiur dengan jumlah pengunjung website yang mengakibatkan anda percaya untuk menjadikan rujukan dalam artikel ilmiah anda. Pengunjung website banyak belum tentu artikelnya berkualitas. Semua penulis dalam internet ini dapat dengan mudah mencari banyak pengunjung dengan cara cara yang mereka lakukan. Disini disarankan anda untuk tetap mencermati dan meneliti isi dari konten yang akan anda jadikan sebagai rujukan.

Mungkin itu sedikit pembahasan mengenai cara mencari artikel di internet yang berkualitas untuk rujukan artikel karya ilmiah anda. Semoga dengan sedikit pembahasan tersebut dapat menyadarkan anda bahwa pentingnya kita utuk berhati hati dalam mengambil rujukan dari internet, karena pembimbing sekarang ini lebih pintar dari kita. Jika kita mengambil rujukan yang salah pasti akan menjadikan artikel yang kita tulis itu disalahkan oleh pembimbing, bahkan jika pembimbing marah maka tidaklah tidak mungkin pembimbing akan membuang artikel yang kita tulis dan tidak menghargai usaha kita dalam menulis artikel. Maka buat sobat haruslah berhati-hati.
salam hormat Blablabla

3 comments:

Anonymous said...

wah ini sangat bermanfaat
sekarang harus lebih hati hati untuk mencari sumber artikel

Anonymous said...

harus lebih hati hati nih.
makasih sob

Anonymous said...

susah juga cari rujukan internet

Post a Comment

Sahabat BlaBlaBla silahkan anda tinggalkan komentar sebelum pergi dari website BlaBlaBla